3 Langkah yang Diperlukan Ketika Menulis

Setelah di postingan sebelumnya mengenai  5 Cara Menulis Cerita yang Bertemakan Keagamaan. Sekarang sobat akan mempelajari apasi langkah - langkah yang di perlukan untuk kita sebagai penulis itu? Banyak dari kita pasti bertanya - tanya menulis yang baik dan cermat itu seperti apa. Nah perlu sobat ketahui bahwa ada 3 langkah yang kita perlukan saat menulis yang mimin kutip di aliventures, berikut adalah komponennya :

  • Planning (Persiapan).
  • Menentukan Konsep.
  • Editing (Penyuntingan).  
Tentunya 3 komponen diatas merupakan langkah terbaik yang bisa anda terapkan, saat sobat sedang menulis blog atau karya sastra. Dengan langkah tersebut di harapkan sobat lebih efektif dalam menyelesaikan tulisannya secara bertahap dan boleh jadi tidak akan ada kendala, tentu saja itu tidak wajib bagi anda yang sekarang sudah mempunyai tehnik dan langkah sendiri agar kegiatan menulis menjadi efektif. Tapi tidak ada salahnya kita menggabungkan beberapa komponen yang mimin rasa efektif dari yang paling awal yaitu planning, menentukan konsep, dan editing/penyuntingan.

Planning (Persiapan)

Oke yang pertama kita akan bahas tentang persiapannya dulu nih. Segala sesuatu yang akan kita lakukan pasti butuh persiapan misal mental dan sebagainya, apalagi kalo ngomongin tentang menulis. Misal kita mau menulis akan tetapi ga ada persiapannya dulu, bakal kacau nanti jadinya ga selesai - selesai. Bahkan cuman bisa nulis judul doang lepas itu isinya masih mikir mikir hehe. Dengan persiapan yang cukup seperti menulis saat tidak ada beban pikiran/enjoy jadi tidak ada emosi jiwa yang kita libatkan kepada apa yang akan kita tulis wkwk tapi ini pengecualian untuk yang menulis puisi ya? Karena puisi itu esensinya adalah ungkapan kegundahan/suasana hati seorang penulis itu sendiri. Kalau bisa Siapkan atau pikirkan sedini mungkin planning yang akan menjadi langkah pertama sobat menulis , saat sobat sedang bekerja, sekolah dan sebagainya


3 Langkah yang Diperlukan Ketika Menulis

Menentukan Konsep

Memikirkan konsep merupakan langkah kedua yang perlu anda ambil setelah sebelumnya Anda sudah memplanning. Ketika kita berbicara tentang menulis pasti kita akan berkonsep, jadi konsep memang bagian dari kegiatan menulis itu. Seperti kita akan membuat cerita pasti mempunyai konsep yang jelas, apa si plot/alur yang kita pakai? setting dan perwatakan. Semuanya harus terkonsep dengan sedemikian rupa agar kita pada akhirnya menemukan ending yang pas untuk cerita yang kita tulis. Jangan pernah menyerah jika cerita/tulisan yang Anda tulis tidak sesuai dengan yang sobat inginkan, sobat bisa lompat ke langkah selanjutnya. Menulislah dengan teratur walaupun pasti membutuhkan banyak energi dan waktu yang terbuang tetapi semua itu akan terbayar dengan hasil yang kita dapatkan. Jika anda menulis pada saat ada inspirasi saja mungkin tidak menemukan feel yang pas untuk kelanjutan cerita tersebut.

Editing ( Penyuntingan )

Pada tahap ini pasti sobat tahu apa yang akan dilakukan selanjutnya. Penyuntingan ini bertujuan untuk menghindari kata-kata ambigu atau sumbang yang kita tulis. Bisa saja juga terdapat typo yang dapat membuat pembaca tidak nyaman. Di tahap ini merupakan tahap akhir yang mungkin akan membuat anda frustasi karena sering kali menemukan kalimat atau kata yang kurang pas dan tidak efektif, maka dari itu kita dituntut berfikir lagi untuk memperbaikinya agar maknanya lebih hidup dan efektif, juga kerap kali menemukan kata yang di ulang ulang tentunya itu sangat fatal dan tidak efektif. Pada intinya tahap ini membuat anda belajar untuk mengganti, menambahkan ataupun menghilangkan kalimat dan kata yang tidak di perlukan.Editing ini membuat karya/ tulisan kita menjadi lebih indah dan sesuai dengan apa yang kita harapkan

Bagikan

Jangan lewatkan

3 Langkah yang Diperlukan Ketika Menulis
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Tertarik mengikuti Catatan Senja dan artikel tentang tips menulis, ngoblog, dan sastra terbaru? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Kritik dan Saran anda sangat dibutuhkan demi kemajuan blog kami..