Kenapa Keyboard Tombolnya QWERTY bukan ABCDE

Kenapa Keyboard Tombolnya QWERTY bukan ABCDE


Pernah ngga sih Anda memikirkan kenapa ya papan keyboard itu acak (QWERTY) kenapa ngga sekalian urut abjad gitu ya? Pertanyaan sepele tetapi penting untuk Anda ketahui alasan dibaliknya misteri sipapan hitam ini hehe. Setelah dipikir-pikir kenapa juga harus QWERTY ya ? Kenapa ngga sekalian SPOILER , BAKSO atau apalah yang penting  jangan qwerty gitu. Nah cukup saja basa-basinya sekarang  simak baik-baik sejarah dan penjelasannya ya. . ,

Penggunaan QWERTY sekarang tidak hanya pada papan keyboard kita saja, bahkan juga di handphone, tab dan gadget lainnya sudah menggunakan urutan huruf ini.
Dalam sejarah pertama kali digunakan keyboard yaitu pada mesin ketik ternyata sudah menggunakan susunan huruf sesuai dengan abjad/alfabet yang sekarang kita kenal lho, sayangnya pada saat itu banyak terjadi permasalahan seperti tuas pada mesin ketik  tersebut sering menyangkut dikarenakan banyak huruf/ejaan dalam bahasa inggris yang berdekatan sehingga pada tahun 1874 seorang penemu bernama Cristhoper Sholes berhasil memecahkan masalah tersebut dengan mesin ketik QWERTY yang selama ini kita kenal, dalam penemuan ini dia mendesaign mesin ketik qwerty ini untuk memisahkan huruf dalam bahasa inggris yang sering digunakan dan berdekatan sehingga lebih efisien.

Bukan hanya memudahkan dalam pengetikan saja tetapi untuk komunikasi telegraf karena telegraf tersusun oleh kode morse yang mempunyai susunan abjad biasa dianggap sulit untuk menerjemahkan kode mors dan masih banyak lagi mafaat dari susunan QWERTY ini. Mungkin kalau buat smsan tombol ABCDE di hape jadul itu juaranya karena lebih enak dan nyaman si di gunakan wkwkk.

Semoga ilmu yang sobat dapat bisa bermanfaat dan menjawab semua keingintahuan anda kenapa keyboard harus qwerty ya? Sekarang anda bisa menjawabnya tanpa bertanya-tanya lagi dan yang ngga boleh ketinggalan Anda bisa memberitahukan kepada teman dan keluarga tentang fakta dan sejarah ini.Ingat perkataan bung karno kan? Jasmerah : Jangan Sekali-kali Meluoakan Sejarah.
Sekian dan terimakasih

Bagikan

Jangan lewatkan

Kenapa Keyboard Tombolnya QWERTY bukan ABCDE
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Tertarik mengikuti Catatan Senja dan artikel tentang tips menulis, ngoblog, dan sastra terbaru? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Kritik dan Saran anda sangat dibutuhkan demi kemajuan blog kami..