Arti dan Makna Qur’an Surat Al A’raf Ayat 56-58

Penjelasan Qur’an Surat Al A’raf Ayat 56-58


Dalam kesempatan ini saya akan memberikan rincian tentang makna atau penjelasan dari Qur’an Surat Al A’raf Ayat 56-58 :
Arti dan Makna Qur’an Surat Al A’raf Ayat 56-58
                       


Artinya: “Dan janganlah kamu membuat kerusakandi muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya danberdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.” (56) “Dan Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan), hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, kamihalau ke suatu daerah tandus, lalu Kami turunkan hujandi daerah itu, maka Kami keluarkan dengan sebab hujanitu berbagai macam buah-buahan, seperti itulah Kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran.” (57) “Dan tanah yang baik, tanaman-tanamannya tumbuh dengan subur dengan seizin Allah,dan tanah yang tidak subur tanaman-tanamannya hanya tumbuh merana. Demikianlah Kami mengulangi tanda-tanda kebesaran (Kami) bagi orang-orang yang bersukur.”(58)

MAKNA :

Pada ayat 56, Allah SWT melarang siapapun membuat kerusakan dibumi dalam segala bidang. Allah menciptakan bumi dan seisinya ini dengan sebaik-baiknya. Semuanya itu dijadikan Allah SWT untuk dimanfaatkan manusia, tetapi bukan untuk dirusak. Selanjutnya Allah SWT mengingatkan kepada manusia untuk senantiasa berdoa kepadaNya dengan rasa takut jika doanya tidak terkabulkan. Dengan berdoa manusia tidak akan berputus asa, namun sebaliknya akan memperlebar keyakinan, kepasrahan dan keikhlasan. Ingatlah bahwa rahmat Allah SWT itu sangat dekat dengan orang yang berbuat kebajikan.

Pada ayat 57, dijelaskan bahwa Allah SWT menjelaskan kebaikanNya terhadap makhluk ciptaanNya diantaranya menciptakan angin. Allah menjelaskan salah satu fungsi angin pada ayat ini yaitu mendorong awan tebal ke berbagai negeri sehingga penduduk negeri yang kekeringan menjadi senang karena pertanda akan turunnya hujan. Selanjutnya Allah SWT mengingatkan, kalau tanah yang kering, lekang, dan mati saja dapat dihidupkan kembali oleh Allah SWT dengan menurunkan hujan, tentunya bagi Allah SWT sangatlah mudah menghidupkan orang-orang yang telah mati meskipun yang tersisa hanyalah tulang belulang bahkan sudah manyatu dengan tanah.

Pada ayat 58, Allah menjelaskan bahwa tanah itu ada yang tidak baik dan subur. Seperti kata Ibnu Abbas r.a bahwa orang yang baik sifat dan tabiatnya diumpamakan dengan tanah yang subur, yaitu dapat menerima kebenaran dan memanfaatkan untuk kemaslahatan dirinya maupun orang lain. Sedangkan orang yang buruk sifat/tabitnya itu sama seperti tanah yang tidak subur/ mati yang tidak mau menerima kebenaran dan tidak mau menerima kebenaran dan tidak mendapatkan faedahnya sedikitpun untuk dirinya bahkan akan merusak orang lain.

Sekian dan semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang memahami dan mengamalkan isi kandungan di dalam kitab suci Al- Qur'an, bookmark dan pantengin terus ya update artikel terbaru kami...

Bagikan

Jangan lewatkan

Arti dan Makna Qur’an Surat Al A’raf Ayat 56-58
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Tertarik mengikuti Catatan Senja dan artikel tentang tips menulis, ngoblog, dan sastra terbaru? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

9 comments

Tulis comments
avatar
11 January 2016 at 17:41

Pas dah ada PR buat nyalin ni surat dalam bentuk arab.

Reply
avatar
11 January 2016 at 17:51

masya Allah gan thanks udah sharing informasi yang bermanfaat ini

Reply
avatar
11 January 2016 at 18:17

alhamdulillah, postingannya sangat bermanfaat buat saya

Reply
avatar
11 January 2016 at 18:17

sesungguhnya perintah Al-Quran itu benar adanya.

Reply
avatar
11 January 2016 at 18:18

Makasih gan, bisa ane pelajari lebih dalam ayat ini.

Reply
avatar
11 January 2016 at 18:20

makasih nih gan udah dikasih maknanya sekalian

Reply
avatar
Anonymous
11 January 2016 at 18:20

wah thanks yah gan

Reply
avatar
17 June 2016 at 09:38

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya :)

Reply

Kritik dan Saran anda sangat dibutuhkan demi kemajuan blog kami..