Tips Mengembalikan Mood Menulis

Hai hai...
Berjumpa lagi dengan admin yang paling manis ini hehe
Admin gak nyangka bisa nulis postingan kayak gini mengingat mood nulis admin benar-benar buruk dan berada pada level bunuh diri :v
Admin mau bagi-bagi tips buat mengembalikan mood nulis kalian. Nah, simak tips berikut..

Tips Mengembalikan Mood Menulis


1.      Menulis itu jangan mengandalkan mood bagus. Karena mood bagus entah datangnya kapan kita gak tau. Dipanggil pun kadang gak datang. Mood bagus itu ibarat jelangkung, datang tak diundang pulang tak diantar alias menghilang tiba-tiba. Bedanya kalau jelangkung datang tak diundang, nah kalau mood bagus datangnya harus di pancing dulu :v
Nah, karena itu kita harus menciptakan mood bagus, misalnya melakukan hal yang menyenangkan. Pergi ke tempat wisata, pergi ke mall, atau nonton bioskop. Terserah kalian mau pilih yang mana.

2.      Kalau tiba-tiba ide itu muncul, kalian harus cepat-cepat menulisnya. Nah, jika harus membuka laptop dulu mungkin itu bisa memakan waktu lama, karena harus berjalan mengambil laptop ditas, membuka tas, mengambil, membuka laptop, memencet tombol power, nunggu booting, nunggu antivirus mendeteksi, ahhhh lamaa. Bisa-bisa itu ide hilang ditengah jalan. kita bisa gunakan media lain, misal hp, itu adalah cara efektif yang terbukti cemerlang. Hp ibarat sahabat, selalu ada disamping kita, selalu menemani hari-hari kita baik senang ataupun susah :v wkwk
Nah, kita langsung bisa menulisnya dihp, nanti jika ada waktu luang, itu tulisan bisa disalin ke laptop/komputer sambil direvisi kembali.


3.      Jika mood benar-benar buruk sampai otak jadi tumpul dan sulit buat berimaji, sebaiknya kalian buka file-file tulisan lama, terutama cerpen atau hal lain yang memacu ide kalian muncul lagi. Baca sampai tuntas, jika malas menghampiri, kalian harus tetap memaksa apapun caranya. Karena itu bisa menciptakan mood bagus buat nulis. Itu admin ngalamin sendiri loh ya, kalian bisa buktikan.

4.      Kalian bisa cari referensi lain. Misal baca buku karya penulis idola, baca kisah penulis sukses yang bisa menginspirasi. Tapi kalau admin sih lebih suka baca buku yang banyak gambarnya. Gambar yang menyejukkan mata seperti majalah-majalah yang isinya pemandangan alam atau tanaman yang hijau-hijau :v Secara tidak langsung itu bisa menciptakan mood bagus, yah meskipun kemungkinannya kecil.

5.      Terakhir, usahakan jangan sampai menonton drama atau film yang kalian sukai. Itu dampaknya hebat banget lho kalau kalian gak bisa mengendalikan. Sekali kalian nonton, selanjutnya akan ketagihan. Jika kalian penyuka drama atau film seri tertentu, kalian harus buat jadwal nonton. Misal seminggu satu kali atau dua kali, jangan sampai lebih. Oke, itulah beberapa tips yang dapat admin bagi untuk para pembaca semua, semoga berguna bagi kita para penulis pemula yang mood nya naik turun kayak slurutan :v Buat yang ingin jadi penulis hebat, jangan sampai patah semangat ya! Kuncinya sih tetep nulis, nulis, dan nulis!

Sekian ...

Nina Fitriani

Bagikan

Jangan lewatkan

Tips Mengembalikan Mood Menulis
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Tertarik mengikuti Catatan Senja dan artikel tentang tips menulis, ngoblog, dan sastra terbaru? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Kritik dan Saran anda sangat dibutuhkan demi kemajuan blog kami..