Tips Membuat Cerita Ala Admin CatSa

Oke, cukup dulu untuk puisi-puisi bapernya. Kali ini gue akan ngasih tahu nih, tips-tips ala gue sendiri gimana caranya membuat cerita dan saat ngerjain nggak berakhir di tengah jalan gara-gara males atau bosen. Ya, gue sendiri sudah cukup lama sih nulis-nulis cerita gitu, tapi nggak pernah gue share di sini, sorry yee. Langsung aja nih, syukur-syukur pas selese mbaca ini elo-elo semua pada termotivasi buat nuangin ide-ide lo dalam bentuk cerita ala lo sendiri.

 Tips Membuat Cerita

Wajib Kenal Sama Diri Sendiri


Belum kenal? Kenalan dulu sanah! Nggak, maksudnya kudu ngerti diri lo sukanya cerita yang gimana. Dari genre mungkin, bisa aja lo lebih suka fantasi, atau mungkin ada yang romansa, atau juga ada yang lebih suka drama. Gue yang lebih suka fantasi, pernah pengalaman dulu coba-coba nulis cerita drama sebagai genre utama (lagi nyari jati diri), dan hasilnya bisa ditebak, berhenti walau baru bentar nulisnya. 

Cari Ide

Ya iyalah, tanpa ide ya mau nulis apaan? Ide bisa datang dari mana aja, dari liat film atau kartun mungkin, atau lagi jalan-jalan bareng temen-temen sekedar buat nongkrong atau pergi rekreasi ke mana gitu,  atau mungkin dari pengalaman pribadi. Intinya, jadi penulis kudu jeli dan kreatif. Hampir semua peristiwa di sekitar lo bisa nginspirasi diri lo untuk membuat cerita. Makanya, seorang penulis biasanya bawa buku catatan kecil, siapa tau lagi dimana gitu ide tiba-tiba datang menyeruak. Di catet aja biar ngga lupa.
 

Riset Atau Istilah Kerennya Research

Penting nih, misalnya ada ide untuk mbuat cerita tentang alien, ya kudu riset nyari-nyari pengetahuan tentang dunia ke-alienan. Ya kan lucu mau nulis tentang alien tapi ngga tahu NASA itu apa. Intinya, riset membuat lo lebih paham tentang apa yang akan lo tulis dan nantinya jadi bahan buat nulis itu sendiri. Emang sih nulis itu ya kudunya berimajinasi, suka-suka yang nulis, tapi kalau tanpa di dasari pengetahuan yang pasti ya ngawur namanya. Kalau misalkan di posting di web atau di mana gitu, pembaca bakal ngga suka sama cerita tanpa riset yang mendalam, percaya deh.  
   

Jaga Rahasia 

Misalkan nih, udah ada ide dan udah riset secukupnya, tinggal nulisnya aja. Pasti diri lo bakal kegoda untuk mberitahu temen-temen deket lo tentang proyek nulis ini. Itu sebaiknya jangan deh. Karena, main psikologi dikit nih, kalo lo mberitahu temen-temen lo, gairah buat nulis bentar-bentar udah kaga ada, karena lo udah ngrasa puas cuma gara-gara udah ngasih tahu temen-temen lo. Jagalah proyek nulis ini sampe tulisan lo selese, baru sonoh kasih tahu ke siapapun yang lo mau dan jangan lupa minta kesan-kesan yang mereka dapet setelah baca tulisan lo.

Bagikan

Jangan lewatkan

Tips Membuat Cerita Ala Admin CatSa
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Tertarik mengikuti Catatan Senja dan artikel tentang tips menulis, ngoblog, dan sastra terbaru? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Kritik dan Saran anda sangat dibutuhkan demi kemajuan blog kami..