Menulis Puisi : Cara Menulis Puisi Dengan Baik dan Indah

Menulis puisi memang tidak perlu mahir atau harus jadi penyair, semua orang pasti dapat membuatnya. Banyak sekali inspirasi yang dapat kita ambil. Misalnya dengan melihat dan mengamati kehidupan sekitar kita, semuanya bisa dijadikan ide. Menciptakan puisi yang baik dan indah tidaklah sulit, tingkat keindahan dalam naskah puisi itu tidak sepenuhnya ditentukan oleh gaya bahasa yang tinggi tetapi dengan puas atau tidaknya anda dalam menuangkan tulisan sehingga menjadi sebuah bait yang indah. Jadi makna dari isi puisi itulah yang menjadi sumber keindahan sesungguhnya. Namun ada baiknya sobat memahami cara menulis puisi yang baik dan indah, ada beberapa cara yang bisa sobat pertimbangkan dalam penulisan puisi ini.

Cara Menulis Puisi : Cara Menulis Puisi Dengan Baik dan Indah

 

#Menentukan Tema  


Tema merupakan hal terpenting yang perlu sobat perhatikan dalam menulis puisi, nantinya dengan tema yang tepat dan sesuai suasana hati sobat. Bait demi bait akan tercipta dengan sendirinya, semua ide yang ada akan mengalir deras keluar dari benak. Tema membuat sobat tahu apa yang selanjutnya sobat tuliskan dan menjadi satu kesatuan puisi yang indah. Banyak sekali tema yang dapat anda pilih contohnya : persahabatan, kasih sayang, keluarga, kebahagiaan dan lainnya sesuai suasana yang ada dan apa yang anda minati.

#Tentukan Sinonim/ Padanan Kata yang Tepat


Memilih kata sebanding dalam penulisan puisi menjadi cara selanjutnya yang dapat anda terapkan saat menulis puisi. Karena dengan memilih kata padanan yang sesuai, juga mempengaruhi keindahan dari tiap bait puisi itu sendiri. Beberapa contoh padanan kata "Seperti".

"Laksana, Bagaikan, Bak, Ibarat, Bagai, Umpama, Layaknya "

#Memperhatikan Gaya Penulisannya

Dengan pemilihan gaya penulisan yang cocok untuk anda, pasti membuat puisi akan lebih menyenangkan. Menemukan gaya penulis yang cocok untuk diri sendiri menjadi keistimewan dari para penulis sastra yang tidak berpedoman pada penulis penulis lainnya. misalnya saya sendiri sering menekankan kata dalam satu baris puisi dan mengulangnya, tetapi jangan terlalu banyak menggunakan pengulangan kata karena pembaca pasti ogah juga kan membacanya, lama" bosan juga dan akan mengurangi keindahan puisi itu sendiri. Contohnya sobat bisa lihat di Puisi Jenuh  . Dengan demikian keindahan dari setiap sajak puisi itu mulai terlihat dan akan seperti apa yang anda inginkan. Anda bisa memulai menulis puisi dengan gaya misal absurd, lugas atau gaya penulisan seperti Sutardji Calzoum Bachri yang memilih gaya penulisan mantra tanpa adanya sarat makna dalam puisinya.

#Sampaikanlah Dengan Penuh Perasaan

Perasaan yang anda bawakan dalam puisi yang anda tulis menjadi point yang ke empat setelah gaya penulisan. Kenapa perasaan membuat puisi anda menjadi baik dan indah? Karena setiap yang anda tuliskan lalu menjadi sebuah puisi akan dipenuhi dengan kata" indah yang mempunyai arti dalam dan bermakna tentunya. Menulis puisi pada dasarnya adalah mengekspresikan suatu emosi penyair itu sendiri. Maka lihatlah sekitar dan rasakan. 

#Pilih Kata yang Tepat/Diksi

Mulailah menulis puisi dengan memperhatikan setiap kata yang ada. Penulisan kata yang tepat menjadi penting karena cara ini menentukan penilaian suatu puisi itu dikatakan indah atau sebaliknya, sobat bisa melatihnya dengan menulis suatu kata dan selanjutnya mencari kata yang sama dari kata tersebut.
Contohnya : Aku Membencimu
menjadi :
  • Betapa Tidak Sukanya Aku Padamu,
  • Aku Tak Sudi Melihatmu,
  • Pergi dan Jangan Kembali,
  • Benci Akan Dirimu,
  • Dirimu yang Kubenci,
  • Kebencianku Kepadamu. 

#Memperhatikan Suasana yang Ada 

Perhatikan suasana sekitar dan ekspresikanlah, menulis puisi dengan memperhatikan suasana yang ada menjadi nilai lebih dalam kriteria puisi yang disebut baik atau tidak. Ekspresikan suasana dengan berbagai gaya bahasa. Dijamin puisi yang sobat tulis akan lebih bermakna dan indah.

#Over Puitis ( Kebanyakan Puitisnye)

Jangan menjadikan sisi kepuitisan anda menjadi senjata pamungkas dalam menulis puisi ya sobat, memang gaya bahasa penting untuk membuat puisi itu terlihat baik dan indah, akan tetapi sesuatu yang berlebihan/over tentu tidak baik juga kan? sekalipun itu dalam suatu karya sastra. Dengan terlalu banyak menggunakan gaya bahasa dalam puisi akan berdampak pada si "pembaca", lho kok bisa? Bisa saja si pembaca akan bosan membaca puisi yang Anda tulis dan menganggap isinya seakan-akan penuh dengan ke "absurd" an.

#Pemilihan Judul yang Benar

Kenapa pemilihan judul diletakan pada cara yang paling akhir, itu karena judul harus difikirkan matang-matang dalam sastra puisi. Judul biasanya mewakili isi dari puisi itu sendiri, pemilihan judul ini sangat penting karena si pembaca pasti pertama akan melihat judul dan selanjutnya isi dari puisi itu. Dengan pemilihan judul yang tepat, menjadi point penting untuk sobat. membuat pembaca menjadi penasaran dan ingin segera membaca isi puisinya. Tentu judul dan tema harus sinkron ya sobat.

Ingat beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam menulis puisi :
  • Jangan menulis kata berulang-ulang
  • Pilih diksi yang tepat
  • Pendek atau tidaknya puisi yang penting isinya 
  • Tulis bait pertama dengan kata yang menarik
  • Jangan Asal Kasih Judul
  • Teruslah menulis dan belajar
 Sekian tips senja ini, semoga bermanfaat . . . BRAVO PENULIS INDONESIA

Bagikan

Jangan lewatkan

Menulis Puisi : Cara Menulis Puisi Dengan Baik dan Indah
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Tertarik mengikuti Catatan Senja dan artikel tentang tips menulis, ngoblog, dan sastra terbaru? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 comments:

Tulis comments
avatar
26 June 2019 at 11:58

terimakasih untuk informasinya.

Reply

Kritik dan Saran anda sangat dibutuhkan demi kemajuan blog kami..