Semangat Menggebu Mahasiswa Baru

Tahun ajaran baru telah dimulai, banyak dari mereka yang telah lulus SMA/MA 2016 sederajat bermaksud untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri demi secuil harapan untuk semakin mendekati mimpi mereka 20 tahun mendatang. 30% dari mereka yang tercatat sebagai pendaftar jalur undangan atau bisa disebut SNMPTN telah lolos dengan perasaan yang tenang dan sekaligus melepas salah satu beban mereka untuk berjuang lagi di seleksi penerimaan MaBa berikutnya. Sedangankan bagi mereka yang kurang beruntung dan tidak lolos lalu memutuskan untuk mendaftar seleksi tertulis nasional SBMPTN atau menyerah untuk tidak mengikuti seleksi nasional tersebut lalu memilih untuk mendaftar PTS dan sebagainya. Lagi - lagi 30% yang lolos dari semua peserta SBMPTN dari sekitar 750ribu orang yang mendaftar.

UM menjadi ajang perjudian terakhir bagi mereka yang masih antusias untuk merebut kursi di PTN terutama di PTN yang masuk kedalam 10 besar PTN terbaik di Indonesia. Namun tidak banyak dari mereka yang menunggu seleksi nasional tahun depan dengan berbekal kematangan belajar untuk menghadapi seleksi tersebut.


Semangat Menggebu Mahasiswa Baru


Bagi mereka yang sudah lolos pastinya sudah ayem dan tenang, tinggal bagaimana mereka bertanggungjawab untuk mempertahankan prestasinya di Perguruan Tinggi, bahkan kalau mampu ya dapat meningkatkan prestasinya di almamaternya. Tibalah ospek Universitas yang akan mereka hadapi
 selanjutnya, banyak tugas individu dan kelompok yang ditujukan untuk calon mahasiswa baru di PTNnya. Misal menulis essay, meresume dan sebagainya. Tak aneh apabila mereka sang Mahasiswa Baru  menyiapkan tugas tersebut dari awal. Karena masih pada euphoria Mahasiswa Baru.

Ospekpun tiba, di hari pertama mereka pasti bangun lebih awal dari biasanya lalu melakukan ritual mandi dan selanjutnya mengecek tugas dan barang bawaan yang harus di bawa saat ospek agar tidak tertinggal. Bagi mereka yang mulai ngekost, mereka dituntut untuk mandiri dan pintar untuk memanage waktu agar tidak keteteran nantinya. Sampai di tempat ospek lebih awal akan menimbulkan perasaaan lega bagi para MaBa, karena banyak alasan yang membuat mereka tidak berani untuk tidak tepat waktu conohnya mereka berfikir dimana - mana banyak Kating(dibaca Kakak Tingkat) dan Komdis yang matanya selalu mengawasi kita dimanapun berada, hehe horror banget ya wkwk.

Setelah Ospek Universitas pasti masih banyak agenda yang ada bagi para Mahasiswa Baru, contohnya makrab, Sambutan Mahasiswa Baru dan Pengenalan Kehidupan Kampus dan sebagainya. Mereka para mahasiwa unyu baru dengan semangat yang masih menggebu, selalu bersemagat untuk memulai proses mereka sebagai mahasiswa. Diwarnai dengan teringatnya kebersamaan dan keakraban bersama yang baru mereka bangun di kelompok ospek universitas yang masing masing mereka ikuti. Kalau di Unsoed ada PKKM yang di mana agenda dan tujuan akhirnya mengembangkan sekaligus meningkatkan kepribadian bagi para mahasiswa baru.

Setelah bebagai agenda padat yang mereka ikuti, tibanya untuk mereka berkuliah. Menjadi Mahasiswa Baru sudah sekarang bukan namanya mahasiswa kalau belum mengikuti kuliah. Pada Semester awal mereka cenderung penasaran dengan kehidupan kampus yang masih di pandang suasana baru di matanya, ada yang setelah kampus mengunjungi perpustakaan , ada yang mencoba kekantin ada juga yang cari gebetan baru di kampus wkwk. Memang sudah menjadi budaya bagi para MaBa terutama mimin wkwk. Disamping itu juga mereka pantang titip absen, alias mengikuti setiap kelas di jam dan harinya masing- masing.

Memilih UKM merupakan gerbang selanjutnya agar setiap dari mereka tidak di cap sebagai Mahasiswa Kupu Kupu atau Kuliah pulang, kuliah pulang. Mereka mulai menemukan passion mereka di setiap expo yang di adakan di kampus. Ada juga yang penasaran dan ingin memasuki dunia atau kegiatan yang belum pernah mereka singgahi sebelumnya. Memang selayaknya begitu bagi para Mahasiswa Baru, tidak ada halangan untuk mereka mengembangkan bakatnya dan juga menumbuhkan bakat terpendamnya yang belum pernah mereka explore. Jadi bagi kamu terutama bagi kamu yang dicap sebagai Mahasiswa Baru, don't be shy. Tetap bergerak, rubah Indonesia mengarah lebih baik lagi. Jangan menjadi mahasiswa kupu jika tidak ada kegiatan positif yang di lakukan di luar kampus. Maka dari itu berproseslah dan jadi generasi bangsa yang berkarakter. Selamat berproses kawan, jangan lupa bersyukur. Banyak mereka yang belum beruntung diterima di PT terutama di Negeri yang mereka impikan.

Bagikan

Jangan lewatkan

Semangat Menggebu Mahasiswa Baru
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Tertarik mengikuti Catatan Senja dan artikel tentang tips menulis, ngoblog, dan sastra terbaru? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Kritik dan Saran anda sangat dibutuhkan demi kemajuan blog kami..