Januari dan Khayalan Nyata (Bagian 3)



Januari dan Khayalan Nyata (Bagian 3)
Dengan perasaan campur aduk aku langsung menuju ke depan masjid, tiba-tiba pandanganku kabur dan aku pingsan. Lalu aku pun terbangun dan ternyata aku sudah berada di beranda mushola, entah berapa lama aku pingsan ternyata Kak Sam sudah berada disampingku tetapi aku belum sepenuhnya percaya kalau Kak Sam ini bukan Kak Sam yang aku lihat tadi berubah menjadi kakek tua itu.

“Ampun kek aku janji nggak ganggu tempat kakek, jadi jangan ganggu aku dan juga Kak Sam ya kek ?”. Ampunku dengan wajah menunduk meminta ampun.

Walaupun aku tak sudi meminta maaf kepada makhluk yang derajatnya lebih rendah dari manusia, tetapi aku memilih jalan yang aman saja, dengan berpura-pura minta maaf.

“Iya, aku maafkan asal ente nyediain es cendol sama mie ayam buat aku ya? Haha ngigau apa kamu Jun orang masih seger dan ganteng gini dibilang kakek-kakek  hadeh, mimpinya jelek nih”. Jawab Kak Sam yang sepertinya ini Kak Sam yang asli udah keliatan dari gaya ngomong dan makanan kesukaannya.



“Oh iya, kamu kok lama banget Jun 30 menit lebih kakak nunggu tapi entenya ga nongol-nongol. Ya udah aku tinggal ngecek mobil sambil nungguin ente. Tadi aku negur ente pas ente udahan dari WCnya, eh ternyata ente nggak denger terus balik lagi ke belakang ? habis makan apa si kamu Jun” Tanya Kak Sam minta jelas.

Seakan tidak percaya, deg jantungku serasa mau copot setelah mendengar pernyataan Kak Sam. Setelah apa yang aku lihat tadi tidak ada alasan untuk tidak percaya, aku sebut ini khayalan yang nyata layaknya fatamorgana ada tapi tiada. Aku tertunduk lesu dan lemas seakan tenaga yang ada sudah hilang semuanya terkuras.

“Kamu kenapa si sebenernya Jun, bisa pingsan di samping sumur gitu? Kalau laper bilang aja ga usah lebay sampai pingsan gitu hehe”. Canda Kak Sam

“Nggak apa-apa Kak  mungkin karena capek tadi, tapi sekarang udah mendingan kok. Tadi Kak Sam iseng apa sama sumur itu?” tanyaku lemas.

“Tadi iseng-iseng aja lempar batu ke dalem sumur hehe, emang kenapa Jun?” balas Kak Sam

“Owalah nggak papa kok Kak, yang penting jangan iseng-iseng lagi sama sumur itu. Kan udah diperingatin sama Kakek tua tadi yang kita temuin dijalan.” Jawabku serius.

“Eh tapi ceritain dulu ente kenapa tadi pingsan?.” Tanya Kak Sam penasaran

“Oh iya kita kan belum sholat dhuhur, mending sholat dulu aja yuk Kak. Ntar aku cerita” Balasku mengalihkan topik.

“Iya yuk. bener juga ya ente Jun tadi kakak khawatir ente kenapa-kenapa jadi nggak berani tinggalin ente sendirian disini buat sholat. Okey boss ” Jawab Kak Sam

Aku bersama Kak Sam beranjak dan berjalan menuju tempat wudhu, sejenak aku berhenti untuk memperhatikan sumur tua itu, ternyata biasa dan nggak ada apa-apanya pikirku. Setelah wudhu kami masuk ke dalam mushola. Hanya terlihat 1 orang saja yang sedang duduk sila yang sepertinya sedang nikmat berdzikir.

“Kenapa udah sepi aja nih Kak?.” Tanyaku penasaran

“Iya udah pada pulang dari tadi, ramah-ramah lho warga sini.” Jawab Kak Sam


***

Setelah sholat dhuhur dan makan kami segera beranjak untuk melanjutkan perjalanan mengingat waktu perjalanan bisa 2-3 Jam. Sebelum itu kami sempat berbincang dengan orang yang di dalam mushola tadi, namanya Pak Jamal disini ia dikenal sebagai kayim atau pengurus jenazah sekaligus tokoh masyarakat di desa ini. Saya menceritakan semua yang terjadi kepada beliau tentunya bersama Kak Sam dan Pak Jamal hanya mengangguk seakan memaklumi kejadian tersebut, Kata Pak Jamal memang sering warga sini yang melihat penampakan kakek tua kadang sosok tinggi besar dan lainnya di malam hari. Pernyataan itu membuatku semakin merinding disisi lain aku merasa lega karena sudah bercerita. Setelah itu kami pamit untuk melanjutkan perjalanan.

“Terimakasih ya pak? Sudah bersedia meluangkan waktu untuk ngobrol dengan kami? Kami mau pamit jalan dulu takut nanti sampainya malam.” Seru Kak Sam pamit
“Iya nak, hati-hati di jalan ya? Yang penting jangan banyak ulah di manapun tempatnya.” Pesan Pak Jamal

“Iya pak Assalamu’alaikum.” jawabku dan Kak Sam

“Waalaikumsalam.” Balas Pak Jamal

Aku melihat pemuda jangkung yang tadi di belakang mobil lalu ia melambaikan tangan kepadaku.

“Oh iya pak, tahu anak itu nggak?” Tanyaku penasaran.

“Oh haha itu, salah satu penunggu sini juga” Jawab Pak Jamal

“Yang mana Jun? Aku kok nggak lihat?.” Tanya Kak Sam penasaran  

“Itu yang pakai baju koko putih-putih” Tunjukku merinding

“Ah bapak bercanda nih jelas-jelas...." 

Aku terkejut ketika tiba-tiba pemuda itu hilang seakan lenyap di bawa angin. Kenapa Kak Sam tidak bisa melihat apa yang aku dan Pak Jamal lihat. Apakah aku indigo? 

"Setiap Jin itu hanya akan menampakan dirinya kepada orang yang ia kehendaki, tapi kalau dek Jun ini sepertinya spesial. Mungkin udah bawaan dari lahir" Jelas Pak Jamal 






Bagikan

Jangan lewatkan

Januari dan Khayalan Nyata (Bagian 3)
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Tertarik mengikuti Catatan Senja dan artikel tentang tips menulis, ngoblog, dan sastra terbaru? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Kritik dan Saran anda sangat dibutuhkan demi kemajuan blog kami..