Arti dan Makna Qur'an Surat Al Qasas Ayat 79-82

Penjelasan Qur'an Surat Al Qasas Ayat 79-82


Arti dan Makna Qur'an Surat Al Qasas Ayat 79-82

Artinya : Maka keluarlah Karun kepada kaumnya dalam kemegahannya. Berkatalah orang-orang yang menghendaki kehidupan dunia: "Moga-moga kiranya kita mempunyai seperti apa yang telah diberikan kepada Karun; sesungguhnya ia benar-benar mempunyai keberuntungan yang besar"(79) Berkatalah orang-orang yang dianugerahi ilmu: "Kecelakaan yang besarlah bagimu, pahala Allah adalah lebih baik bagi orang-orang yang beriman dan beramal saleh, dan tidak diperoleh pahala itu kecuali oleh orang-orang yang sabar"(80) Maka Kami benamkanlah Karun beserta rumahnya ke dalam bumi. Maka tidak ada baginya suatu golongan pun yang menolongnya terhadap azab Allah. dan tiadalah ia termasuk orang-orang (yang dapat) membela (dirinya)(81) Dan jadilah orang-orang yang kemarin mencita-citakan kedudukan Karun itu. berkata: "Aduhai. benarlah Allah melapangkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki dari hamba-hamba-Nya dan menyempitkannya; kalau Allah tidak melimpahkan karunia-Nya atas kita benar-benar Dia telah membenamkan kita (pula). Aduhai benarlah, tidak beruntung orang-orang yang mengingkari (nikmat Allah)"(82).

MAKNA :

Dalam ayat 79, menjelaskan bahwa kesombongan dan kecongkakan Qarun diantaranya adalah ia memamerkan hartanua kepada orang banyak dengan suatu iring-iringan lengkap. Bagi orang-orang yang hanya memikirkan kemegahan dunia, maka ketika menyaksikan peristiwa tersebut,  timbul keinginan untuk mempunyai kekayaan seperti yang dimiliki oleh Qarun.

Pada ayat 81, Allah SWT menjelaskan kesombongan dan kecongkakan Qarun ternyata telah menyengsarakannya dan pengikutnya. Mereka dibenamkan oleh Allah kedalam perut bumi dan lenyap seketika. Hartanya itu tidak dapat menolongnya sama sekali, tidak ada seorangpun yang dapat menolong dan menyelamatkannya.

Pada Ayat 82, dijelaskan bahwa orang-orang yang materialistis menyaksikan azab yang menimpa Qarunn sebagai balasan dari perbuatannya itu, seketika mereka sadar bahwa ternyata kemewahan dan kemegahan duniawi yang tidak diridhai Allah SWT. Tidak ada manfaatnya sama sekali. Oleh karena itu kita tidak boleh kufur terhadap nikmat-nikmat yang diberikan oleh Allah SWT .
Hikmah yang bisa kita petik pada ayat dan penjelasan diatas adalah Suatu apapun yang sifatnya berlebihan akan melahirkan sikap sombong, dan berlebihan itu adalah sifatnya setan. Jadi apabila Anda mempunyai harta berlimpah, rumah mewah, mobil berjejer, tanah disetiap pelosok.. Jangan sekali kali kufur nikmat dan baiknya sedekahkanlah harta a\Anda kepada orang-orang yang membutuhkan dengan niat bersyukur akan nikmat yang diberikan oleh Alllah SWT
Baca Juga : Arti dan Makna Qur’an Surat Al A’raf Ayat 56-58

Terimakasih, semoga bermanfaat
Jangan lupa bookmark blog kami yaaa.....

Bagikan

Jangan lewatkan

Arti dan Makna Qur'an Surat Al Qasas Ayat 79-82
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Tertarik mengikuti Catatan Senja dan artikel tentang tips menulis, ngoblog, dan sastra terbaru? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 comments:

Tulis comments

Kritik dan Saran anda sangat dibutuhkan demi kemajuan blog kami..