Pembahasan Indikator 1 Biologi : Menjelaskan Objek dan Permasalahan Biologi


Objek Biologi merupakan tingkatan makhluk hidup dari organisasi yang paling kecil ke terbesar dalam objek tersebut meliputi sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem, bioma dan yang paling terbesar adalah biosfer.
1.     

         Organisasi Tingkat Molekul

Molekul disini adalah suatu senyawa kimia yang mempunyai peranan dalam menyusun tubuh setiap makhluk hidup atau juga merupakan organisasi fungsional tingkat molekul. Proton, Neutron, dan Elektron yang bergabung dan membentuk suatu Atom adalah penyusun materi molekul yang sangat sederhana. Dalam hal ini molekul tidak termasuk organisasi tingkat kehidupan yang dimulai dari sel, yang membedakannya dari benda mati adalah makhluk hidup disusun oleh suatu sel. Dalam cabang ilmu biologi, molekul disebut juga dengann molekul biologi. Molekul biologi ditemukan  dalam tubuh setiap makhluk hidup .
Contoh dari molekul organik yang dibutuhkan makhluk hidup adalah air, Protein, Karbohidrat, Lemak, Asam Nukleat dan lain sebagainya.  DNA juga termasuk kedalam molekul. Penjelasan lengkap tentang molekul bisa  Anda dapatkan disini

Organisasi Tingkat Sel


Sel adalah satu kesatuan yang terbentuk oleh senyawa dan organel yang saling berinteraksi satu sama lain. Setiap sel mampu melakukan aktivitas metabolisme sehingga juga  mampu tumbuh dan berkembang. Ukuran sel sangatlah kecil tapi masih bisa dilihat kok, dengan menggunakan mikroskop sebagai alat bantu melihatnya, sel juga disebut juga sebagai satuan terkecil dari makhluk hidup karena sel memiliki karakteristik yang dibutuhkan sebagai makhluk hidup.

Jaringan


Jaringan merupakan sekumpulan dari sel yang memiliki bentuk serta fungsi yang sama. Jaringan hanya ditemukan pada organisme sel multiseluler ( bersel banyak ), Anda juga bisa mendapatkan informasi lebih banyak tentang organisme mulitseluler disini .  Contoh Jaringan :

*Jaringan Tumbuhan
Jaringan ini meliputi jaringan meristem, epidermis, pembuluh dan penguat. Jaringan- jaringan tersebut secara lengkapnya dibahas pada kelas XI SMA/Sederajat.

*Jaringan Hewan
Jaringan hewan antara lain jaringan darah, otot, saraf dan epitel. Pada jaringan epitel mempunyai fungsi yaitu melindungi jaringan yang ada dibawahnya. Jaringan Saraf berfungsi sebagai menerima dan merespons rangsangan. Otot tentunya untuk alat  gerak aktif, sedangkan pada jaringan  darah berfungsi sabagai alat transportasi pada tubuh.

      Organ dan Sistem Organ


Ditemukan pada organisme multiseluler yang terbentuk dari beberapa jaringan yang saling bekerjasama satu sama lain untuk melakukan fungsi tertentu contohnya Jaringan epidermis, tiang dan bunga karang menyusun organ pada daun dan melaksanakan fungsi fotosintesis, transpirasi, serta pertukaran gas. Dan kumpulan organ yang melakukan fungsi dan tugas saling terkait dinamakan sistem organ, contohnya pada sistem pencernaan pada manusia.


CONTOH SOAL
1.   Proton, Neutron dan Elektron yang berikatan akan menjadi atom. Objek biologi yang  dimaksud adalah ….
a. molekul                    b. individu
c. sel                              d.biosfer
e. sistem organ

2.    Siswa Kelas XII IPA 2 Sedang mengamati seekor Anaconda yang ada di hutan amazon. Cabang Biologi yang berperan adalah ….
a. Organologi              b. Patologi
c. Taksonomi                   d. Virologi
e. Zoologi


3.   Dalam satu sarang leba terdapat satu atau dua ratu lebah. Ratu lebah tersebut disebut ….
a. biosfer                   b. komunitas
c. Bioma                 d. Sistem organ
e. individu
4.    Hutan di Indonesia, merupakan salah satu bioma yang khas, yaitu bioma ….
a. tundra                      b. hutan hujan tropis
c. padang rumput        d. gurun
e. taiga
5.    Berdasarkan struktur dan fungsinya, Amoeba termasuk organisasi kehidupan tingkat ….
a. sel                           b. jaringan
c. organ                       d. organel

e. sistem organ

6. Ada seorang peneliti lulusan MAN Purwokerto  1 sedang meneliti bakteri patogen, pada kasus ini tingkat organisasi makhluk hidup yang dipelajari adalah . . ..
   a.       Molekul
   b.      Sistem organ
   c.       Jaringan 
   d.      Organ
   e.      Sel
7. Untuk melakukan transplantasi kornea mata, tingkat organisasi yang dipelajari adalah.......
   a.       Komunitas
   b.      Biosfer
   c.       Bioma  
   d.      Organ
   e  .      Jaringan

Bagikan

Jangan lewatkan

Pembahasan Indikator 1 Biologi : Menjelaskan Objek dan Permasalahan Biologi
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Tertarik mengikuti Catatan Senja dan artikel tentang tips menulis, ngoblog, dan sastra terbaru? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

2 comments

Tulis comments
avatar
11 November 2015 at 19:45

Soal nomor 2 sm 6. Hahaha

Reply
avatar
12 November 2015 at 14:06

Iyaa? apakah soal tersebut menurut anda terlalu susah ? :D

Reply

Kritik dan Saran anda sangat dibutuhkan demi kemajuan blog kami..