Cara Melatih Inner Beauty Dari Diri Sendiri Dan Melalui Orang Lain 2

Menyambung dari Artikel sebelumnya yaitu  Melatih Inner Beauty Dari Diri Sendiri dan Melalui Oranglain ...  akan menjelaskan tentang point-point selanjutnya yaitu Penuh Percaya diri dan Mampu bekerjasama dengan orang lain dan pandai memecahkan masalah, langsung saja dengan diawali tentang  yang dimaksud tentang Penuh  Percaya diri.
Cara Melatih Inner Beauty Dari Diri Sendiri  Dan Melalui Orang Lain  2

Penuh Percaya Diri

Percayadiri atau istilah kerennya “PEDE” dapat digambarkan sebagai perasaan seseorang yang merasa yakin dan percaya terhadap dirinya sendiri. Dia percaya bahwa dia mempunyai kemampuan untuk dapat tampil maksimal dihadapan oranglain. Untuk dapat meningkatkan rasa percayadiri, Anda harus mampu untuk mengenali diri sendiri (mengenal segala kelebihan dan kekurangannya) untuk dapat meningkatkan perkembangan sikap pribadi, menerima umpan balik dari orang lain dengan cara mau menerima kritik dan masukan dari orang lain yang dapat membantu Anda mengatasi segi negatif yang dimiliki, mampu mengembangkan dirinya dalam berbagai bidang dan hal ini terkait dengan mampu mengenmbangkan bakat dan kemampuan yang dimiliki.
Ketika Anda sudah mampu untuk meningkatkan rasa percayadiri, maka Anda akan dengan mudah masuk dalam dunia pergaulan dengan baik tanpa ragu, dan secara otomatis akan menuntun Anda menjadi pribadi yang mempesona( menarik dan menyenangkan orang lain.

Mampu bekerjasama dengan oranglain dan pandai memecahkan masalah

Tercipta sebagai makhluk sosial, setiap manusia dalam kehidupan kesehariannya tidak dapat terlepas dari keberadaan dan perasaan orang lain yang terbentuk dalam sebuah kerjasama. Seseorang pedagang sayur ketika tidak ada pembeli, maka tidak dapat menghidupi keluarga dari hasil dagangannya. Dan sebaliknya pembeli tidak dapat memasak makanan ketika tidak ada pedagang sayuran yang menyediakan berbagai bahan masakan  untuk dimasak. Singkat cerita ini merupakan sedikit gambaran dari keberadaan manusia sebagai makhluk sosial, karena masih ada banyak hal lain yang menggambarkan betapa setiap manusia terlahir untuk saling membantu dan bekerjasama.
Bekerjasama secara lebih luas juga dapat diaplikasikan dengan membina hubungan dengan orang lain dalam bentuk apapun, seperti dalam kehidupan sekolah tampak pada kegiatan OSIS merupakan wadah bagi setiap siswa untuk melatih keterampilan bekerjasama dengan oranglain. Agar kerjasama terjalin dengan baik, Anda harus mampu menerima dan memberi Feed Back( Umpan Balik) atau masukan dari orang lain.  Kemampuan ini menjadi penting karena Feed Back akan memperkaya pengetahuan Anda untuk mengenal diri dan mengenali orang lain dengan baik. Selain itu, ketika dengan lapang dada Anda dan komunitas Anda mengembangkan keterampilan feed back segala masalah yang mungkin terjadi dapat teratasi dengan baik. Bentuk nyata dari keterampilan menerima dan memberi feedback yaitu semisal Anda menerima masukan dari orang lain, terima segera dengan penuh simpatik dan sampaikan rasa terimakasih, tunjukan penghargaan terhadap pendapat oranglain dan jangan pernah berkat “ Anda Salah “ , bersimpatilah dengan ide dan keinginan orang lain.

Semoga sekarang Anda sudah dapat menerima dengan baik hal-hal apa saja yang harus dikuasai oleh setiap orang agar dapat menjadi pribadi yang mempesona bagi orang lain dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan masyarakat maupun di lingkungan sekolah.


BK

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Melatih Inner Beauty Dari Diri Sendiri Dan Melalui Orang Lain 2
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Tertarik mengikuti Catatan Senja dan artikel tentang tips menulis, ngoblog, dan sastra terbaru? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Kritik dan Saran anda sangat dibutuhkan demi kemajuan blog kami..